Categories
Hipnoterapi Hipnotis Pelatihan Psikologi

Bagaimana Cara Kerja Hipnoterapi?

Anda yang tengah membaca artikel ini berarti memliki ketertarikan pada keilmuan hipnoterapi bukan? Sebelum anda mengetahui tentang cara kerja hipnoterapi, sebaiknya anda menikmati artikel sebelumnya yaitu “Hipnoterapi, Apakah Itu?” agar anda mengetahui secara lebih lengkap mengenai hipnoterapi. Setelah anda mengetahui arti atau definisi dari hipnoterapi, sekarang kita akan memahami bagaimanakah cara kerja hipnoterapi yang dapat membantu berbagai permasalahan mental atau psikologi.

Secara sederhana hipnoterapi hanyalah sebuah alat atau cara untuk dapat menembus masuk kedalam pikiran bawah sadar seseorang. Didalam pikiran bawah sadar itulah tertanam berbagai program negatif yang menghambat seseorang seperti program kepercayaan diri, program kepercayaan, program kebiasaan, dan ada ratusan program lainnya yang terkandung di dalam pikiran bawah sadar seseorang. Program-program tersebut akan bekerja secara automatic karena sudah tertanam didalam pikiran bawah sadar. Semua orang yang pernah membaca atau mempelajari tentang hipnotis mengerti bahwa semua program yang ada didalam pikiran bawah sadar akan bekerja secara otomatis dan bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama alias permanen.

Untuk bisa merubah program yang ada didalam pikiran bawah sadar, maka diperlukan cara untuk bisa masuk ke dalam pikiran bawah sadar tersebut. Cara ini disebut dengan hipnotis atau hipnosis. Mengakses pikiran bawah sadar dengan tujuan untuk merubah atau memodifikasi program yang ada didalamnya adalah sebuah cara yang disebut dengan hipnoterapi. Jadi hipnoterapi merupakan aplikasi atau cabang dari keilmuan hipnotis itu sendiri.

Berbeda dengan hipnotis panggung dimana proses sugesti dilakukan secara spontan dan langsung kepada subjek hipnotis maka dalam kegiatan hipnoterapi tidak seperti itu, contohnya ketika seorang hipnotis panggung memberikan sugesti kepada subjek hipnotisnya biasanya dia langsung mengatakan sugesti seperti untuk melupakan namanya, membuat hilang ingatannya, dll. Dalam praktek hipnoterapi tidak seperti itu. Proses hipnoterapi lebih mengedepankan adanya edukasi ulang pada pikiran bawah sadar dan menghindari adanya sugesti langsung karena sifat dari sugesti langsung adalah tidak akan bertahan dalam jangka waktu yang lama atau tidak bisa permanen.

Penampakan Alat Pengukur Gelombang Otak

Misalnya ada sebuah kasus dalam praktek hipnoterapi yaitu ingin menghilangkan kebiasaan buruk merokok atau kecanduan rokok. Maka untuk memberikan sugestinya bukan dengan mengatakan “mulai sekarang kamu tidak suka merokok” atau “setiap kamu merokok maka kamu akan muntah” tidak seperti itu..! Hipnoterapi bekerja dengan mencari sebab awal kenapa seseorang merokok dan memberikan edukasi ulang kepada bawah sadar orang tersebut untuk melihat berbagai dampak negatif dari kebiasaan merokok sehingga muncul sudut pandang atau pemahaman baru didalam pikiran bawah sadarnya. Setelah adanya pemahaman baru didalam bawah sadar si pasien, barulah sugesti langsung boleh diterapkan. Jadi hipnoterapi tidak sama dengan hipnotis panggung. Banyak yang keliru dan mengira bahwa dengan melakukan hipnoterapi, maka dengan mudahnya seseorang menghilangkan masalahnya dengan satu jentikan jari saja.  Semoga anda bukan termasuk orang yang berfikir demikian.

Sekarang apakah anda sudah paham perbedaan hipnotis panggung dan hipnoterapi? Dalam praktek hipnoterapi ada beberapa prosedur yang harus dijalani oleh seorang pasien. Pertama adalah prosedur konsultasi dimana pada fase ini pasien mengutarakan permasalahannya kepada terapis dan seorang hipnoterapis dapat mengambil kesimpulan tentang bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang diutarakan oleh pasiennya tersebut. Setelah fase konsultasi dijalani, maka masuk pada fase kedua yaitu fase treatment atau pengobatan hipnoterapi itu sendiri. jumlah sesi dalam treatment berbeda-beda pada setiap kasus. Ada yang hanya butuh 2 sesi ada pula yang membutuhkan hingga puluhan sesi. Seorang hipnoterapis profesional tahu persis bahwa fase konsultasi jauh lebih penting dari fase treatment itu sendiri karena treatment sangat tergantung dari hasil analisa saat melakukan konsultasi. Teknik yang digunakan untuk memberikan edukasi pada pikiran bawah sadarpun beragam dan ada banak sekali. Rata-rata dalam satu sesi seorang hipnoterapis akan menggunakan 5 hingga 10 teknik dalam hipnoterapi.


***

Sekilas Info :

Guruhipnotis.com sebuah lembaga pelatihan Hipnotis dan Hipnoterapi yang berdomisili di kota bekasi. Jika anda membutuhkan jasa pelatihan Hipnotis dan Hipnoterapi atau jika anda membutuhkan jasa Pengobatan Hipnoterapi yang berguna untuk :

  • Mengatasi masalah terkait dengan Pikiran dan Perasaan
  • Mengatasi masalah kecanduan
  • Mengatasi persoalan terkait dengan cinta (Putus cinta, Sulit move on, Posesif, dll)
  • Mengatasi masalah psikosomatik
  • Mengatasi Stress/Trauma/Phobia/Depresi/Anxiety, Dll
  • Mengatasi Permasalahan Keluarga
  • Mengatasi Masalah Anak
  • Mengatasi problem sexualitas (LGBT, Ejakulasi Dini, Dll)
  • Dll

Anda bisa menghubungi kami di :

  • Telp : 021 – 82654245
  • Nomor Handphone : 0812 2020 9805
  • WhatsApp / Line : 0812 2020 9805
  • Alamat : Jl. Melati No. 34 RT 02/ RW 08 Kel. Margahayu – Bekasi Timur, Kota Bekasi 17113.

***

By Ari Choirul Anwar

Seorang praktisi pemberdayaan diri yang telah lama berkecimpung di dunia training. Praktisi Hipnotis, Hipnoterapi, NLP, & Inti Daya. President Institut Hypnotis Hypnotherapi Indonesia "IHHI" & Guru Besar Inti Daya Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *