Categories
Hipnoterapi Psikologi Semua Artikel

Mengetahui karakter anak

Setiap anak terlahir dengan keunikannya tersendiri. Ia berkembang dan menjadi dewasa dengan modal pembelajaran yang ia dapatkan dari lingkungan sekitarnya. Tidak ada anak nakal, yang ada hanyalah anak dengan rasa keingintahuan yang tinggi serta memiliki kreativitas yang baik. Baik atau nakal adalah persepsi yang timbul dalam pemikiran kita ketika melihat perilaku anak tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan atau tidak kita harapkan.

Tiap anak punya karakter dan temperamen berbeda. Ada tiga tipe yang paling sering bisa dijumpai: Penakut/pemalu, tukang rewel/aktif/cerewet, dan si manis yang mudah diatur.

  1. Si penakut/pemalu. Ketika Anda membawa si kecil yang penakut bertemu dengan orang lain, jangan harap ia bisa langsung bergabung. Tak mudah baginya untuk langsung bergabung dalam suatu aktivitas kelompok. Anda harus sering-sering membawa dia ke tempat tersebut, sampai ia merasa nyaman bermain di sana. Setelah ia terlihat nyaman dan bisa berbaur dengan anak-anak lain, Anda bisa pelan-pelan meninggalkannya.
  2. Tukang rewel/aktif/ceriwis. Menghadapi anak seperti ini, Anda perlu ekstra sabar. Sikap kalem menghadapinya akan sangat membantu. Menurut Alice Sterling Honig, Ph.D., penulis Secure Relationships: Nurturing Infant-Toddler Attachments in Early Care Settings, anak-anak yang suka rewel, moody, atau gampang ngambek punya perasaan dan respon yang lebih peka dibanding anak lain.Mereka juga tertawa lebih keras dan suka protes. Karena batas kesabaran mereka rendah, mereka jadi lebih mudah tantrum. Anak-anak ini menunjukkan tingkat aktivitas tinggi dan selalu bergerak. Mereka mungkin tidak mau tidur siang ketika anak-anak lain seusianya tidur siang. Begitupun ketika harus beradaptasi dengan orang dan situasi baru, hal itu benar-benar bisa merupakan perjuangan ekstra.Menghadapi anak seperti ini, cobalah untuk lebih fleksibel. Kalau ia sedang asyik menyelesaikan puzzle-nya, jangan menghentikan kegiatannya untuk tidur siang. Bisa-bisa ia malah jadi tantrum. Berikan pula ruang gerak yang lebih leluasa untuknya, agar ia bisa berlari-larian ke sana kemari.
  3. Si manis yang penurut. Beruntung sekali bila Anda memiliki anak dengan karakter seperti ini. Tentu saja Anda akan bisa lebih santai melewatkan waktu bersamanya. Karena ia tak terlalu minta perhatian, justru Andalah yang perlu lebih banyak memberikan perhatian untuknya, dan jangan lupa mensyukuri betapa manisnya ia sepanjang hari.
Thomas Lickora mengemukakan “Walaupun jumlah anak – anak hanya 25% dari total jumlah penduduk, tetapi menentukkan 100% masa depan”. Jadi, pembentukkan karakter melalui pendidikan karakter sedini mungkin kepada anak adalah kunci utama untuk membangun bangsa.

***

Sekilas Info :

Guruhipnotis.com sebuah lembaga pelatihan Hipnotis dan Hipnoterapi yang berdomisili di kota bekasi. Jika anda membutuhkan jasa pelatihan Hipnotis dan Hipnoterapi atau jika anda membutuhkan jasa Pengobatan Hipnoterapi yang berguna untuk :

  • Mengatasi masalah terkait dengan Pikiran dan Perasaan
  • Mengatasi masalah kecanduan
  • Mengatasi persoalan terkait dengan cinta (Putus cinta, Sulit move on, Posesif, dll)
  • Mengatasi masalah psikosomatik
  • Mengatasi Stress/Trauma/Phobia/Depresi/Anxiety, Dll
  • Mengatasi Permasalahan Keluarga
  • Mengatasi Masalah Anak
  • Mengatasi problem sexualitas (LGBT, Ejakulasi Dini, Dll)
  • Dll

Anda bisa menghubungi kami di :

  • Telp : 021 – 82654245
  • Nomor Handphone : 0812 2020 9805
  • WhatsApp / Line : 0812 2020 9805
  • Alamat : Jl. Melati No. 34 RT 02/ RW 08 Kel. Margahayu – Bekasi Timur, Kota Bekasi 17113.

***

By Ari Choirul Anwar

Seorang praktisi pemberdayaan diri yang telah lama berkecimpung di dunia training. Praktisi Hipnotis, Hipnoterapi, NLP, & Inti Daya. President Institut Hypnotis Hypnotherapi Indonesia "IHHI" & Guru Besar Inti Daya Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *